MRIRadiography Technique

Pengaturan Matriks pada Modalitas MRI

Matriks pencitraan MRI tidak memiliki unit pengukuran, tetapi hanya menunjukkan jumlah berapa banyak titik sampel atau pengukuran yang dilakukan selama akuisisi. Matriks pencitraan 512 × 512 dapat diartikan bahwa citra tersebut memiliki 512 titik dalam arah pengkodean frekuensi dan fase (frequency encoding dan phase encoding).

Terdapat juga dalam bentuk persegi panjang seperti 512 × 384. Dalam kasus ini, biasanya matriks citra yang lebih rendah akan diterapkan dalam arah pengkodean fase (phase encoding) untuk mengurangi waktu pemeriksaan (scan time) total.

Namun, dalam beberapa kasus seperti pencitraan pembobotan difusi dan pencitraan Balanced SSFP, matriks pengkodean frekuensi dapat lebih rendah dari pengkodeas fase untuk mengurangi time echo (TE) minimum, untuk meningkatkan SNR dan untuk mengurangi distorsi geometris dan atau disebut dengan artefak suseptibilitas. Berikut adalah Gambar 1 contoh citra dengan matriks 128 x 128 dan 320 x 320:

Contoh Citra MatriksGambar 1. (A) Contoh citra matriks 128 × 128 dan (B) 320 × 320 (Elmauglu, 2012).

Efek matriks pada citra yang dihasilkan berbanding terbalik dengan akar kuadrat dari faktornya. Berarti, bahwa jika menggandakan nilai matriks dalam satu arah, SNR dari citra yang diperoleh akan berkurang dengan akar kuadrat 2, menghasilkan pengurangan SNR 41%. Jika mengubah dari nilai 256 × 256 menjadi 512 × 512, SNR akan dibagi menjadi dua (akar kuadrat 4) karena menggandakan nilai dalam dua arah.

Gambar 1 diatas menunjukkan efek visual dari perubahan dari 128 × 128 menjadi 320 × 320. Nilai yang lebih tinggi menghasilkan citra yang lebih banyak noise, tetapi memiliki resolusi yang lebih baik.

Pengaturan Matriks pada Modalitas MRI

Artikel MRI Forum MRI

Sumber:
Elmaoğlu, Muhammed dan Azim Çelik. 2012. MRI Handbook: MR Physics, Patient Positioning, and Protocols. Springer. New York.

ARTIKEL

User Rating: 4.7 ( 1 votes)
Source
Elmaoğlu, Muhammed dan Azim Çelik. 2012. MRI Handbook: MR Physics, Patient Positioning, and Protocols. Springer. New York.
Show More

Wingghayarie Patra Gandhi

I am a radiological technologist whose vision is to make the field of radiology become more and more recognized.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button