MRIRadiography Technique

MRI: Number of Average atau Number of Excitation

Number of Average (NSA) merupakan indikator dari berapa banyak rata-rata sinyal yang diambil selama akuisisi citra MRI. Biasanya dicapai dengan mengulangi akuisisi dalam arah pengkodean frekuensi dan mengambil rata-rata sinyal sampel.

NSA juga disebut NEX. NEX atau NSA terutama digunakan untuk meningkatkan SNR dengan mengorbankan peningkatan waktu akuisisi. Peningkatan SNR berbanding lurus dengan akar kuadrat dari faktor kenaikan NEX. Misalnya, jika citra MRI dengan menggunakan 2 NEX dan 4 NEX dibandingkan dengan 1 NEX, diharapkan terjadinya peningkatan SNR masing-masing 41% (2 NEX) dan 100% (4 NEX).

Selain peningkatan SNR, NEX yang lebih tinggi juga akan memberi citra yang lebih halus dengan mentoleransi artefak flow atau artefak ghosting yang berasal dari gerakan atau pernapasan. Peningkatan SNR ditunjukkan pada citra dibawah ini. Nilai SNR dapat digandakan dengan hanya meningkatkan empat kali lipat nilai NEX.

Meskipun citra yang dihasilkan terlihat jauh lebih enak dilihat, harus diingat bahwa peningkatan empat kali lipat pada NEX juga berarti peningkatan empat kali lipat dalam total waktu scan. Berikut adalah Gambar 1 citra dengan nilai NEX 1 dan 4:

MRI: Citra dengan NEX 1 dan NEX 4Gambar 1. (A) Citra dengan NEX 1 dan (B) NEX 4 (Elmauglu, 2012).

MRI

Artikel MRI Forum MRI

Sumber:
Elmaoğlu, Muhammed dan Azim Çelik. 2012. MRI Handbook: MR Physics, Patient Positioning, and Protocols. Springer. New York.

ARTIKEL

User Rating: Be the first one !
Source
Elmaoğlu, Muhammed dan Azim Çelik. 2012. MRI Handbook: MR Physics, Patient Positioning, and Protocols. Springer. New York.
Show More

Wingghayarie Patra Gandhi

I am a radiological technologist whose vision is to make the field of radiology become more and more recognized.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button